Berani Terima Bansos Covid-19, Kades dan Parades Akan Dicopot

 Berani Terima Bansos Covid-19, Kades dan Parades Akan Dicopot

Batu Bara (garis62.com) – Bupati Batu Bara, Zahir, Rabu (13/5/2020), menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 460/2952, tertanggal 13 Mei 2020, tentang siapa saja yang dilarang menerima Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19.

Dalam SE itu disebutkan, yang tidak dibenarkan menerima Bansos Covid-19 adalah aparatur sipil negara (ASN), kepala desa (Kades), perangkat desa (Parades), kepala lingkungan (Kepling), dan tenaga kerja sukarela (TKS) di lingkungan Pemkab Batu Bara beserta anggota keluarganya dalam satu rumah tangga.

“Jika sudah terlanjur menerima atau mengambil bantuan tersebut agar segera mengembalikannya, dan mengundurkan diri dari daftar penerima bantuan”, kata Zahir.

Namun kalau mereka tetap ngotot mengambil Bansos dan tak mau mengembalikannya, maka hal itu disebut merupakan suatu pelanggaran, dan akan dijatuhi sanksi.

Untuk ASN yang merupakan pejabat struktural/fungsional, sanksinya adalah dibebaskan dari jabatannya. Sedangkan ASN yang bukan pejabat struktural maka akan ditunda kenaikan pangkatnya selama satu periode.

Sementara untuk Kades dan Parades sanksinya adalah diberhentikan dari jabatannya, sebagaimana diatur dalam Pasal 40 dan Pasal 53 Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Begitu pula halnya dengan Kepling dan TKS. Sanksinya juga diberhentikan.

Karena itu Zahir meminta Kades, Kepala Badan, Kepala Dinas, Inspektur, Kepala Satpol PP, Kepala Kantor, dan Camat di lingkungan Pemkab Batu Bara untuk melakukan pengawasan. Segera laporkan bila ditemukan adanya pelanggaran.

“Jika terbukti pihak-pihak tersebut di atas melakukan pembiaran terhadap pelanggaran itu, maka akan dikenakan sanksi tegas secara administrasi dan jabatan”, ujarnya.

Zahir juga berharap agar masyarakat ikut berperan aktif untuk membantu mengawasi, dan melapor apabila menemukan pelanggaran dalam penyaluran Bansos Covid-19.

Laporan ditujukan kepada petugas piket Posko Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 Kabupaten Batu Bara di Kantor Dinas Kesehatan Batu Bara, Jalan Perintis Kemerdekaan Lima Puluh, dengan nomor kontak WhatsApp 081370596087 a/n Sekretariat Gugus Tugas. (moeis)

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *