Dua Warga Asahan Positif Covid-19?

 Dua Warga Asahan Positif Covid-19?

Asahan (garis62.com) – Dua warga Kabupaten Asahan, Provinsi Sumut, dinyatakan positif Virus Corona (Covid-19). Mereka adalah Ebenezer Sitorus dan isterinya Nelly Silaen. Ebenezer diketahui sebagai anggota DPRD Sumut dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Ebenezer berusia 55 tahun. Sedangkan Nelly 50 tahun. Keduanya beralamat di Jalan Perintis, Dusun 19, Desa Simpang Empat, No 116, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, dekat Bank Sumut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Saprin Sanja Hutahaean, melalui pesan WhatsApp yang diterima garis62.com, Senin (6/4/2020) malam.

Menurut Saprin, keduanya baru pulang dari Jakarta kurang lebih dua pekan lalu. Pada 23 Maret 2020 pasangan suami isteri itu melakukan pengecekan di Rumah Sakit Umum (RSU) Abdul Manan Simatupang, Kisaran. Hasilnya negatif Covid-19.

Sejak itu keduanya dinyatakan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19, selama 14 hari. Namun, selama menjalani status ODP, keduanya merasa tubuhnya kurang sehat.

Sehingga pada 6 April 2020, sekira pukul 19.00 WIB mereka datang kembali ke RSU Abdul Manan Simatupang untuk melakukan pengecekan ulang. Hasil pemeriksaan oleh dr Nini Deritana Barus, keduanya dinyatakan positif Covid-19.

Selanjutnya pihak RSU Abdul Manan Simatupang berkoordinasi dengan RSU GL Tobing Tanjung Morawa dan RSU Adam Malik Medan untuk merujuk kedua pasien tersebut.

Namun karena RSU GL Tobing, dan RSU Adam Malik sudah dipenuhi pasien, maka pihak RSU Abdul Manan Simatupang berkoordinasi dengan RSU Martha Friska Medan.

“Direncanakan besok (hari ini, Selasa, 7/4/2020), seluruh keluarga pasien dan masyarakat sekitar tempat tinggalnya akan diisolasi dan di-cek kesehatannya oleh Dinas Kesehatan Asahan menggunakan alat rapid test”, kata Saprin.

Sampai berita ini dikirim ke redaksi, belum diketahui hasil koordinasi RSU Abdul Manan Simatupang dengan RSU Martha Friska Medan. Sejauh ini belum diketahui ke rumah sakit mana kedua pasien itu akan dirujuk. (MUIS)

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *